platperson

Senin, 01 Oktober 2012

komunikasi verbal (review pertemuuan kuliah)

Komunikasi dapat dikatakan berhasil apabila mendapatkan respon langsung dari penerima pesan, kepada pemberi pesan secara langsung pada saat yang sama. Seperti yang terjadi pada saat pertemuan kemarin.
Dimana kita melakukan percobaan dengan melakukan tugas dimana kita harus bercerita tentang kisah sedih yang pernah kita dialami. percobaan ini menjadi komunikasi yang tidak berhasil, karena banyak yang tidak dapat menceritakan kisahnya.
Ya, kisah sedih memang tidak dapat diceritakan kepada sembarang orang. tetapi kita dapat berbagi kisah sedih hanya kepada orang yang sudah kita rasa amat dekat.

Dan komunikasi dapat berhasil bukan hanya karena kita sudah punya persepsi yang sama sebagai penerima ataupun pemberi pesan. Tapi juga ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya, yaitu verbal dan non verbal. Dimana yang paling berpengaruh adalah komunikasi non verbal. dimana kita melakukan komunikasi secara langsung, tanpa melalui media seperti telepon ataupun email. tapi justru kita lebih sering menggunakan komunikasi secara verbal, karena kita lebih sering menggunakan media telepon. Padahal hal seperti ini sering terjadi kekeliruan dalam menerima pesan. Karena kita tak pernah tahu bagaimana ekspresi seseorang dalam menyampaikan pesannya.

Perbandingan keberhasilan komunikasi non verbal dan verbal yaitu berbanding 80/20, tapi sayangnya kita ;lebih sering menggunakan komunikasi verbal sehingga berbanding 20/80.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar