platperson

Senin, 15 Oktober 2012

KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Komunikasi interpersonal ialah komunikasi antara komunikator dengan komunikan, komunikasi jenis ini dianggap paling efektif dalam mengubah sikap, pendapat atau perilaku seseorang, karena sifatnya yang dialogis berupa percakapan. Arus balik bersifat secara langsung, komunikator mengetahui tanggapan dari komunikan pada waktu yang sama, pada saat komunikasi dilancarkan, komunikator mengetahui secara pasti apakah komunikasinya positif atau negatif, berhasil atau tidaknya. Jika ia dapat memberikan kesempatan kepada komunikan untuk bertanya seluas-luasnya (Sunarto, 2003, p. 13).
Jadi. Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang terjadi secara langsung antara komunikator dengan komunikan, hasilnya dapat diketahui secara langsung berhasil tidaknya komunikasi itu, dan apakah menghasilkan komunikasi yang positif atau negatif.
fungsi komunikasi interpersonal adalah sebagai berikut:
  1.  Untuk mengetahui respon, hal ini adalah satu tanda efektivitas komunikasi. Sebagai contoh bila kita mengirim pesan kepada teman, bila mendapat balasan, itu menandakan bahwa kita telah mendapatkan respon.
  2. Untuk mengetahui situasi setelah terjadinya respon. contoh, bila kita melihat teman bicara kita terlihat kurang nyaman dengan topik pembicaraan yang sedang dibahas, sudah barang tentu kita akan mencari topik pembicaraan yang lain.
  3. untuk kontrol diri dalam kehidupan sosial.sebagai contoh, untuk membujuk teman
Agar komunikasi interpersonal ini dapat berjalan dengan baik, Lievrouw (2008) menyebutkan bahwa seorang komunikator harus memiliki kemempuan/kompetensi komunikasi (communication competence). Kemampuan komunikasi tersebut adalah berupa:
  • Tahu bagaimana memulai dan mengakhiri pembicaraan.
  • Tahu bagaimana membuat orang lain paham maksud dari pembicaraan.
  • Tahu bagaimana merespon pembicaraan orang lain.
  • tahu bagaimana menjadi sensitif dalam merespon apa yang sedang menjadi perhatian lawan bicara.
  • Bagaimana mengambil alih pembicaraan atau menjadi pendengar yang baik 
Kemampuan tersebut pernah saya alami dalam kelas sebelumnya, dimana sang dosen menyuruh saya bercerita kepada teman sebelah saya, sudah tentu saya agak sedikit susah untuk memulainya. karena saya belum tahu harus mulai darimana awal pembicaraan itu. Lalu setelah sata mulai saya sudah pasti  harus menyamajkan persepsi teman sebalah saya, agar ia paham dengan maksud pembicaraan saya, dan merespon kembali setelah ia memberikan respon kepada saya.

REFERENSI:
Wikipedia.org.
http://www.anneahira.com/pengertian-komunikasi-interpersonal.htm
http://www.psikologizone.com/definisi-komunikasi-interpersonal/06511922
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2010/01/komunikasi-interpersonal-definisi.html

2 komentar: